Term Of Address Nowadays

Kadang salah kaprah ingin memanggil seseorang. Dengan cara bagaimana, kosakata apa. Perlu kita tahu lebih dalam bagaimana cara memanggil, jangan-jangan kita menggunakan kosakata yang salah.

Suatu contoh, panggilan kanda. Mungkin anda tidak menyangka kalau panggilan ini sering dipergunakan di Sulawesi khususnya Makassar. Kanda adalah panggilan hormat kepada orang yang lebih tua dengan tujuan ingin menghormati mereka dan membawa suasana menjadi lebih akrab namun masih dalam batas formal.  Kanda di pulau Jawa padahal, adalah kosakata yang sudah jarang lagi dipergunakan. Kanda adalah panggilan istri terhadap suami. Dan itupun sudah jarang kita temui. Kanda hanya bisa ditemui di cerita-cerita rakyat klasik.

Panggilan seperti ustadz seringkali dilayangkan kepada orang-orang yang khusus memiliki dan mengenyam ilmu agama atau bahasa Arab. Sehingga biasanya mereka dipanggil ustadz oleh muridnya, audience di kelas, masjid atau komunitas. Namun demikian saat ini ustadz banyak dipergunakan di perguruan tinggi terutama Islam. Sehingga seluruh dosen dipanggil dengan nama panggilan ustadz ini. Kadang disayangkan karena tidak semua dosen memiliki ilmu agama yang cukup kuat sehingga untuk dipanggil dengan julukan tinggi seperti ini mungkin agak rumit jadinya.

Panggilan gelar seperti professor juga menggelitik. Banyak diantara mereka tidak terlalu ribet ingin dipanggil dengan gelar ini. Namun tak sedikit dari mereka ingin dipanggil dengan gelar tertinggi bidang akademis. Kadang ada pula yang moody, ingin dipanggil professor namun disisi lain dipanggil ustadz. Ini justru sungguh menggelikan.

Haji juga sangat mempengaruhi seseorang untuk bertindak. Saat di pasar, seorang ibu yang belum berangkat ke tanah Makkah, dipanggil dengan panggilan umi atau bu haji. Secara tidak sadar wanita itu senyum-senyum dan segera membeli barang yang ditawarkan. Oleh karena itu panggilan haji ini begitu mujarab dilakukan oleh para penjual di pasar, terutama pasar tradisional. Pak haji dan bu haji adalah akal-akalan para penjual agar dagangannya bisa laku.

Cukup variatif dan inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *