• Artikel Kesehatan
    KANKER SERVIKSOleh : Imroatus SholikhahKebanyakan kasus kanker leher rahim ditemukan dalam stadium lanjut karena pada tahap awal biasanya penyakit ini tidak memberikan gejala. Tapi bukan berarti kanker leher rahim (serviks) tidak bisa dideteksi dan dicegah. (Widiyani, 2013)Secara umum ada dua cara pencegahan kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi human […]
  • Untitled
    KANKER SERVIKSOleh : Imroatus SholikhahKebanyakan kasus kanker leher rahim ditemukan dalam stadium lanjut karena pada tahap awal biasanya penyakit ini tidak memberikan gejala. Tapi bukan berarti kanker leher rahim (serviks) tidak bisa dideteksi dan dicegah. (Widiyani, 2013)Secara umum ada dua cara pencegahan kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi human […]
I’m Member of
KEB
Logo Member S photo logoblog1memberS_zpsba1a2f45.png

Archive for the ‘Healthy Info’ Category

Banyak cara minum teh di berbagai belahan dunia. Teh merupakan minuman tradisi manusia sejak ribuan tahun. Hal ini bisa kita lihat bangsa2 Jepang dan Korea melestarikan tradisi minum teh. Minum teh tidak sekedar sebagai pelepas dahaga, sekedar menghangatkan tubuh dan teman sore. Namun minum teh juga menjadi tradisi turun temurun dengan cara khasnya seperti yang dilakukan oleh saudara-saudara kita di Jepang dan Korea. Dan bahkan karena teh lah, mereka mempercaya bisa memangjangkan umur. Teh hijau yang senantiasa menemani sore di Jepang dan Korea.

Teh hangat (bukan panas) sering diminum oleh para penikmatnya dengan dampingan-dampingan menarik. Misal kue-kue, gorengan, roti dan lain-lain. Untuk hidangkan minuman bagi tamu, teh adalah minuman paling standar dan netral. Kita akan menyajikan minuman lain dengan bertanya terlebih dahulu kepada tamu kita menginginkan kopi atau minuman yang lain.

Beberapa orang menganggap minum teh bisa memulihkan kesehatan dan kelelahan. Namun demikian teh panas atau bahkan sesuatu yang masih panas belum tentu baik untuk kesehatan. Misal nasi panas, secara kesehatan nasi panas memiliki kadar gula glukosa lebih tinggi dari nasi dingin. Oleh karena itu mengkonsumsi nasi dingin sangat disarankan bagi penyandang diabetes. Begitu pula dengan teh panas. Sebenarnya lebih banyak orang menyukai teh panas dibandingkan dengan teh hangat atau dingin

Disaat ada informasi tentang kelebihan dan kekurangan teh panas terutama bagi penyandang diabetes, orang justru lebih menyukai teh panas, dibandingkan dengan teh hangat maupun dingin.

Minum teh panas, meskipun pada dasarnya orang masih sering meniup air teh agar supaya sedikit lebih dingin, orang lebih menghindari teh hangat yang dirasa tidak memiliki rasa khas teh sama sekali. Air hangat seolah hanya lewat melalui lidah dan tenggorokan meskipun berasa manis. Beda dengan teh panas yang meski harus ditiup dulu untuk meminumnya.

Teh hangat, diberi atau tidak diberi gula menurut beberapa sahabat penyuka teh, tidak memberikan sensasi teh. Sehingga banyak diantara mereka menghabiskan secangkir teh dalam keadaan masih panas. Bahkan gelasnya pun masih hangat saat dibawa balik ke dapur.

Lain lagi dengan teh dingin. Para penyuka teh panas lebih menghindari teh dingin atau bahkan es teh. Aliran teh dingin di tenggorokan kadang mengakibatkan batuk dan mual. Namun untuk daerah tropis, penyuka teh dingin atau es teh sangat banyak. Es teh merupakan minuman wajib orang-orang di lingkungan berhawa panas seperti di Surabaya. Pagi, siang, sore bahkan malam banyak teman-teman di Surabaya minum es teh. Bahkan wajib diminum setelah makan siang maupun malam. Es teh benar-benar melegakan tenggorokan terutama setelah menyantap hidangan pedas. Hawa dan suasana yang panaspun menjadi sirna karena minum es teh.

Teh pun memberikan sugesti pada peminumnya, air teh dipercaya bisa mengembalikan kesegaran, bisa menghilangkan batuk, mengurangi keringnya tenggorokan. Dan tentunya menimbulkan persahabatan dan silaturahmi secara tidak langusng.

Bravo tea lover

Menulis Adalah Terapi

Teringat akan instruksi atasan saya, rektor Universitas Islam Negeri Malang Prof. Dr. Imam Soeprayogo memacu saya untuk selalu menulis. Entah tadinya saya anggap ungkapan beliau hanyalah suatu himbauan kosong, namun saat ini bahkan menjadi stigma positif bagi diri saya khususnya. Terinspirasi dengan cara-cara beliau menerjemahkan ide ke dalam sebuah artikel, sayapun berusaha mengikuti cara-cara ini  bahwa apa yang kita lihat dan kita rasakan juga pengalaman-pengalaman adalah inspirasi terbaik untuk mengekspresikan diri ke dalam tulisan.

Dulu banyak tulisan-tulisan yang ingin saya masukkan ke berbagai media. Sebelum ada wadah blog seperti sekarang ini kita harus rela mengantri dan bahkan tidak diterima oleh media karena harus berkompetisi dengan tulisan-tulisan lain. Dulu hanya media cetak yang bisa menampung tulisan-tulisan kita. Namun sekarang saat booming dunia netter dan blogger, para penulis semakin menggeliat dan menunjukkan eksistensinya.

Begitu pula dengan saya yang juga disibukkan dengan kegiatan akademis, dan juga mengembangkan hobi sebagai blogger. Tulisan-tulisan saya yang sempat mengendap di flashdisk dan laptop saat ini sudah saya coba untuk share di website pribadi.

Sebagai seorang ibu seringkali justru disibukkan dengan urusan domestik. Dari sejak pagi setelah sholat shubuh mempersiapkan keperluan anak sekolah, sarapan dan seragam mereka sampai berangkat. Waktu luang hanya saat mereka sudah selesai mengerjakan PR. Itupun kadang kita  sudah lelah. Malam menjelang tidurlah saat yang paling cocok untuk menulis. Teringat pesan atasan saya, rektor UIN Malang untuk selalu menulis kapanpun itu. Beliau selalu menyempatkan diri disaat pagi agar menulis minimal 2-3 tulisan dan menguploadnya ke dalam website. Sehingga dalam satu tahun bisa terkumpul kurang lebih 300 tulisan. Sungguh suatu prestasi yang luar biasa dan patut ditiru.

Sharing pengalaman dengan memanfaatkan blog dengan tema berbeda saat ini adalah salah satu bagian dari aktifitas blogging saya. Ada 5 blog yang saya kelola berdasarkan tema yang berbeda. Misalnya salah satu blog saya adalah tentang trik dan tips sehat mempersiapkan hidangan sehat untuk keluarga. Saya yakin semua wanita Indonesia memiliki resep-resep favorit keluarga sehingga saya hadirkan dalam blog keluarga Apel Batu saya adalah tips dan triks mempersiapkan hidangan terbaik untuk keluarga. Begitu pula dengan website pribadi saya Lingua Franca yang mencerminkan keingintahuan saya terhadap budaya Indonesia populer.

Kata Bugis atau Makassar seolah-olah seperti energi yang diberikan oleh Tuhan kepada saya untuk menulis. Ada puisi, ada budaya, ada pula sejarah. Kedekatan saya terhadap mahasiswa dan teman-teman asal SULSEL ini cukup menjadi inspirasi bagi saya untuk menulis. Sehingga ada puluhan tulisan di website pribadi saya diantara 120 yang ada, yaitu tulisan-tulisan mengenai interaksi saya dengan mereka. Tulisan saya lainnya adalah mengenai informasi dan laporan pandangan mata tentang kota Malang, kota dimana saya tinggal. Kota ini benar-benar tak habis-habis memberikan inspirasi untuk menulis. Terutama karena banyaknya candi-candi dan situs yang tersebar di bermacam tempat.

Beberapa lomba blog yang saya ikuti ternyata menjadi cambuk kepada saya untuk tetap menulis dan mencurahkan inspirasi yang telah didapat. Ada tulisan saya yang mengkritik salah satu lomba blog dimana pemenangnya adalah orang-orang yang sama. Seperti ada unsur nepotisme disana. Walhasil tulisan ini menyebabkan derasnya virus hacker dan spamer yang datang bertubi2 ke dalam website saya. Meskipun sempat sedikit kelabakan dan down karena saya yang tidak begitu paham dengan spamer dan hacker maka ini adalah bahan bagi tulisan saya selanjutnya. Belum lagi puluhan email yang ditujukan kepada saya yang mengecam tidak menyurutkan keinginan saya untuk menulis. Artinya dengan menuliskan sebuah akibat dari sebab yang ada, maka tulisan yang baru adalah sebagai terapi. Setelah mengklik publish di dashbor, hati terasa lega dan ringan.

Maka apa yang bunda simpan di dalam hati, di dalam otak, tuangkanlah dalam bentuk tulisan. Dan tulisan adalah sebagai ajang untuk mengekspresikan diri, menuangkan inspirasi dalam bentuk tertulis seperti artikel dan karya seni misalnya puisi, prosa dan novel. Kesemuanya itu begitu melegakan setelah tulisan tersebut dibaca oleh netter. Maka sebenarnya, menulis adalah terapi.

Semangat bunda.. :D

Tulisan ini dimuat di Jawa Pos hari Kamis tanggal 24 Mei 2012

Pada Lembar For Her Rubrik Perempuan Bercerita.

ASI atau Air Susu Ibu sangat penting bagi bayi usia lahir sampai menginjak 2 tahun. Itupun kalo cukup. Ada juga yang belum nyampe 2 tahun udah habis. ASI mengandung zat2 sehat dan menyehatkan satia bayi di muka bumi ini. Hanya saja kadang ASI belum keluar pada saat usia bayi masih sehari. MAka kadang2 oleh bidannya diberi susu formula. Biasanya sih di klinik2 kebidanan seringkali diberikan susu SGM, susu formula yang sudah lama terkenal yang pabriknya di Yogyakarta itu. Entah kenapa banyak bayi yang suka ma susu ini. Manis kali, lah emang! Waktu udah usia 5 hari, seminggu, dua bulan, si kecil Zulfa Ramadhanty yang lahir 15 Oktober 2006 (pas bulan puasa, makanya namanya Ramadhanty), dia sama sekali nggak mau susu formula. Waduh..

Trus gimana nih, kan mau ditinggal kerja. Ni kerjaan dah nunggu, belum yang semester depan, susun materi semester genap yang bejibun. Kalo ngajar satu mata kuliah mungkin nggak serepot ini. Tapi kalo 3 mata kuliah kayaknya kacau deh.

Mungkin sudah takdirnya kali? Anak kecil tu maunya ya susu ibunya. Dari dulu juga gitu. Belum ada susu formula emang maunya dikasi apa dong..

Hmm baru inget kata Dr.Utami Rusli yang kakaknya Harry Rusli itu. Nah kata beliau ASI bisa disimpen di kulkas. Ini ni, baru ces pleng.

Walhasil ASI ku simpen di kulkas, nanti kalo anaknya mau tinggal direndam sama air anget.

Tappiiii… mana ASI ku, tak cari2 koq nggak ada. Aku nanya2 orang serumah. Kutanya ibu biasanya yang sering bukain kulkas, maklum lihat2 siapa tau perlu diisi lagi dengan sayur2an and buah2an. Tapi beliau nggak tau. Si kecil juga katanya belum minum susu di gelas itu. Lho emang dia bisa ngomong? Yang jawab yang momong dong, hehe..

“Ada apa mbak-mbak, lagi nyari apa?. Tau2 ada orang membelakangiku mendekat ke kulkas itu.

“Eh tau susu di gelas nggak?, tanyaku menyeringai.

Dan dengan santainya dia bilang “..sudah kuhabiskan..!

Dan dia itu sepupuku, cowok.

Lah..??? !@#$%^&*()__+sarap!

Tragedi mangkatnya Bapak Wakil Menteri Widjajono di gunung Tambora berketinggian 2000 di atas permukaan laut menjadi catatan bagi kita dan juga para mahasiswa pecinta alam. Pula bagi mahasiswa binaan saya, MAPALA. Dalam sebuah diskusi setelah mangkatnya bapak Wakil Menteri Widagdo di Gunung Tambora, kita bertemu secara maraton untuk membicarakan pengetahuan tentang gejala-gejala Hypoxia.

Hipoksia adalah suatu kumpulan gejala yang bersifat mendadak/ akut yang timbul oleh karena jumlah oksigen yg tdk cukup pada jaringan tubuh akibat penurunan tekanan parsial oksigen dalam udara pernafasan. Gejala hipoksia atau hypoxia yang dialami  bermacam-macam dan bersifat individual/berbeda-beda masing2 individu. Gejala terdiri dari gejala subjektif/yang dirasakan sendiri oleh individu tersebut dan gejala objektif/gejala yang diamati oleh orang lain dan tidak dirasakan/disadari oleh individunya.

Gejala subjektif terdiri dari:

Sensasi kekurangan udara / haus akan udara

Ketakutan/panik

Nyeri Kepala dan pusing

Fatique/kelelahan

Nausea/mual

Blurred vision dan tunnel vision/ penglihatan menjadi buram dan menyempit spt masuk dlm terowongan.

Parestesi dan baal/kebas

Euforia/ kegembiraan yang abnormal/berlebihan.

Overconfident

Gejala objektif terdiri dari:

Bagian  tubuh terutama tangan,kaki dan wajah menjadi kebiruan

Kehilangan koordinasi gerakan dari otot

Mental confusion dan poor judgement 

Unconsciousness/kehilangan kesadaran

Tips persiapan mendaki gunung :

1. Membawa alat navigasi berupa peta lokasi pendakian, peta, altimeter (Alat pengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut), atau kompas. Untuk itu, seorang pendaki harus paham bagaimana membaca peta dan melakukan orientasi. Jangan sekali-sekali mendaki bila dalam rombongan tidak ada yang berpengalaman mendaki dan berpengetahuan mendalam tentang navigasi.
2. Pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat. Berolahragalah seperti lari atau berenang secara rutin sebelum mendaki.
3. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai. Misalnya jaket anti air atau ponco, pisahkan pakaian untuk berkemah yang selalu harus kering dengan baju perjalanan, sepatu karet atau boot (jangan bersendal), senter dan baterai secukupnya, tenda, kantung tidur, matras.
4. Hitunglah lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik. Berapa banyak harus membawa beras, bahan bakar, lauk pauk, dan piring serta gelas. Bawalah wadah air yang harus selalu terisi sepanjang perjalanan.
5. Bawalah peralatan medis, seperti obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.
6. Jangan malu untuk belajar dan berdiskusi dengan kelompok pencinta alam yang kini telah tersebar di sekolah menengah atau universitas-universitas.
7. Ukurlah kemampuan diri. Bila tidak sanggup meneruskan perjalanan, jangan ragu untuk kembali pulang.

Ada beberapa fase yang harus dilalui oleh seorang bayi usia 12 bulan. Salah satunya adalah fase mulut.

Fase ini sering ditunjukkan bahwa bayi selalu ingin memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Bukan ingin makan tetapi dia merasakan sesuatu di mulutnya dan merasakan ketenangan dengan sentuhan benda-benda di mulutnya.

Maka selain dengan menyusui, dimana mulut bayi bersentuhan dengan puting ibu, seorang bayi menyukai meletakkan benda-benda ke dekat (bukan ke dalam) mulutnya karena dia merasakan enaknya sesuatu nempel di bibir.

Maka tak jarang, bayi yang baru merangkak atau baru saja berjalan, akan berusaha meraih semua benda-benda di sekitar dia untuk diemut atau bahkan dikunyah. Sebagai seorang ibu yang bijak, maka seyogyanyalah dia untuk membersihkan area-area yang sering dikunjungi oleh bayi. Misalnya di lantai.

Bersihkan semua mainan atau apapun yang jatuh, dan letakkan ke tempat yang lebih tinggi dari jangkauan dia. Dan kemudian bersihkan lantai secara teratur dengan menggunakan pembersih lantai karena bayi yang merangkak akan menggunakan tangannya dan telapak tangannya akan menempel sepenuhnya ke lantai. Hal ini juga perlu dihindari dengan membersihkan lantai secara periodik pada area-area yang sering dikunjungi oleh bayi yang sedng merangkak.

KAdang bayipun mendatangi tempat-tempat kotor seperti tempat sampah. Maka agar bunda tidak terlalu khawatir terutama saat bayi mulai merangkak, singkirkanlah tempat sampah khusus di dalam rumah ke tempat yang lebih jauh.

Cobalah untuk selalu waspada dengan kemaqna pergi merangkak bayi anda.

Salam bunda

Meski banyak jenis olahraga baru bermunculan, namun popularitas yoga tetap abadi. Bahkan para bintang dunia seperti Madonna, Gwyneth Paltrow, Jenifer Aniston dan lainnya kian rajin saja menekuni yoga. Sebenarnya bagaimana pengertian dasar yoga dan apa saja manfaatnya. Ada ringkasan-ringkasan dari hasil bacaan saya tentang yoga di bawah ini.

Sejarah yoga

Boleh dibilang yoga merupakan jenis latihan pengembangan diri tertua di dunia. Ia datang dari India sekitar 5000 tahun yang lalu. Seorang mahaguru yoga, Pantajali, dalam bukunya Yoga Sutra mendefinisikan yoga sebagai pengendalian aktifitas pikiran seseorang. Yoga sendiri menurut Pantajali, didasarkan pada keyakinan bahwa tiap individu mampu mengembangkan kesadaran akan dirinya (Self Awareness).

Melalui latihan yoga teratur seseorang diharapkan menjadi lebih sadar akan kebugaran fisiknya, sekaligus juga lebih sadar akan kesehatan mental, serta spiritualnya. Ini sesuai dengan asal kata yoga yakni Yuj yang dalam bahasa sansekerta dapat diartikan sebagai menghubungkan atau menyatukan. Dalam hal ini yoga secara horizontal mampu menyatukan fisik dengan pikiran serta jiwa. Sedangkan secara vertikal yoga menghubungkan kesadaran sepiritual dengan Sang Pencipta.

Metode yoga terdiri dari disiplin etis, postur tubuh, pengendalian napas juga meditasi. Seperti yang didefinisikan Pantajali, yoga klasik memiliki delapan tahap proses pengembangan spiritual yang dikenal sebagai delapan cabang yoga (eight limbs of yoga). Walau demikian yoga bukanlah tahapan dari langkah-langkah yang berurutan. Yoga lebih merupakan sebuah proses berkesinambungan yang pada akhirnya bermanfaat untuk menjernihkan pikiran, menyeimbangkan hidup sekaligus menyehatkan tubuh.

Delapan cabang yoga itu adalah :

Yama : bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain

Niyam : bagaimana cara berinteraksi terhadap diri sendiri

Asana : pelatihan tubuh dan fisik

Pranayama : pelatihan pernafasan

Pratyahara : pelatihan terhadap indra-indra tubuh

Dharana : kemampuan untuk menguasai pikiran

Dhyana : kemampuan untuk berinteraksi dengan obyek dari konsentrasi pikiran

Samadhi : menyatukan diri dengan obyek dari konsentrasi pikiran

Manfaat latihan yoga

Pada praktiknya secara garis besar yoga terbagi dalam dua jenis yakni menggunakan gerakan serba tanpa gerakan atau diam.

  1. Berlatih yoga dengan gerakan bermanfaat untuk kebugaran tubuh seperti :
    1. Meningkatkan kelenturan
      1. Beberapa posisi tubuh dalam latihan yoga mampu melatih otot serta beragam persendian, bahkan persendian tubuh yang jarang digunakan atau jarang dilatih.
      2. Meningkatkan pelumasan persendian, ligamen (jaringan penghubung tulang) serta otot.
      3. Dengan berlatih beberapa posisi yoga banyak orang merasa menjadi lebih lentur. Ini disebabkan beberapa posisi yoga mampu meningkatkan pelumasan diantara persendian.
  2. Pemijatan organ tubuh. Posisi yoga banyak berdampak langsung terhadap organ-organ dalam serta kelenjar tubuh, dengan berlatih yoga ibaratnya kita tengah memijat organ-organ tersebut.
  3. Sarana detoksifikiasi. Yoga juga bermanfaat sebagai sarana untuk membersihkan tubuh dari toksin atau racun detoksifikasi. Alasannya latihan-latihan yoga yang lembut akan meregangkan otot dan persendian hingga aliran darah pun mengalir secara optimal ke berbagai bagian tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan tumpuknya toksin terdorong keluar. Dampaknya tubuh jauh lebih bugar, penundaan penuaan dini, serta membuat stamina lebih prima.
  4. Mengencangkan otot. Otot yang lemah dan kendur dapat diperbaiki dengan latihan yoga secara teratur.
  5. Memperbaiki postur tubuh. Banyak orang berpostur tubuh buruk karena terbiasa duduk dalam posisi melorot, berdiri membungkuk, dan lain sebagainya. Selain kebiasaan buruk tadi, gaya tarik bumi juga mempengaruhi buruknya postur tubuh. Dengan yoga, sikap tubuh terus dilatih sehingga postur tubuh pun dapat terkoreksi.
  6. Mengurangi resiko cedera otot. Latihan yoga juga sering meregangkan otot-otot tubuh, membuat lebih lentur sehingga kemungkinan cedera pun berkurang. Postur tubuh juga akan lebih baik dan luwes.
  7. Memanfaatkan berlatih yoga tanpa gerakan atau diam.

Yoga mampu menyeimbangkan sistem saraf. Latihan pernapasan serta meditas pada yoga diam ini selain memberikan ketenangan, relaksasi, serta mengembalikan kejernihan pikiran, juga sangat baik untuk mengasah perkembangan intuisi.

Aturan dasar yoga.

Melihat manfaat yoga yang sangat banyak, wajar jika yoga diminati orang. Kini mulai dari anak-anak hingga usia lanjut pun banyak berlatih yoga. Agar latihan yoga hasilnya sempurna, anda coba untuk memahami aturan dasarnya dengan tujuan untuk menghindari cedera. Berikut adalah aturan dasar yoga :

  • Ada beberapa keadaan tubuh yang tidak disarankan untuk berlatih yoga, misalnya ketika hamil atau sakit. Jika ingin berlatih yoga dalam kondisi tubuh seperti itu tanyakan pada pelatih anda mana gerakan-gerakan yang harus dihindari.
  • Dianjurkan untuk melakukan pemanasan otot sebelum berlatih yoga agar terhindar kram. Dengan berlari kecil di tempat, mengibaskan jemari tangan, menggerakkan jari kaki yang diteruskan dengan peregangan leher, bahu, tangan dan pinggang. Peregangan leher bertujuan untuk menghindarkan pusing ketika berlatih yoga.
  • Tidak bercakap dan dan bergurau saat latihan untuk menghindari kram perut.
  • Seusai yoga lakukan relaksasi dengan memijat-mijat tubuh anda dan jangan langsung mandi terlebih dahulu, tunggu sampai 15 menit.
  • Jangan lakukan latihan pernapasan lagi sebelum istirahat agar suhu tubuh kembali normal.
  • Pernapasan ada dua yaitu melalui hidung dan mulut. Bernapas dengan menggunakan perut bukan dada. Artinya ketika anda menarik napas dna menghembuskan keluar, perutpun mulai mengempis

Mimpi

Yang paling sederhana dari definisi mimpi, sesuai ungkapan orang awam, adalah ”suatu bayangan imajinasi dari seseorang yang dihasilkan ketika kita sedang tidur”. Itu saja sudah. Lalu salahkah definisi itu? Tidak, itulah memang definisi mimpi. Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep). Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi. Mimpi sebagian orang adalah bunga-bunga tidur. Bahkan sebagian orang menantikan untuk memimpikan “sesuatu”. Terkadang kita bermimpi dalam keadaan tersiksa, bahkan seakan-akan bahwa mimpi itu nyata, dan tidak bisa mendapatkan solusi untuk keluar dari masalah dalam mimpi itu. Tahukah anda bahwa mimpi itu adalah sesuatu yang tidak disadari?
Kajian psikologi yang dalam mengenai mimpi adalah teori psikoanalisa dari Sigmund Freud. Freud dalam bukunya, analysis of dream, menjelaskan pajang lebar mengenai mimpi. Mimpi adalah keadaan alam bawah sadar yang muncul sewaktu tidur. Ingatan bawah sadar yang muncul pada saat tidur adalah emosi-emosi yang di repress kealam bawah sadar, karena masalah tersebut tidak bisa terselesaikan. Pengamatan yang bertumpuk menunjukkan kalau mimpi erat kaitannya dengan tidur gerakan mata cepat (Rapid Eye Movement – REM), dimana sebuah elektroencephalogram menunjukkan aktivitas otak paling besar seperti saat sadar. Mimpi yang tidak di ingat oleh partisipan pada saat tidur non-REM secara normal lebih biasa dalam perbandingan (Dement dan
Kleitmann, 1957). Pada sebuah rentang hidup umum, seorang manusia menghabiskan waktu enam tahun bermimpi (sekitar dua jam tiap malam). Sebagian besar mimpi hanya berlangsung 5 hingga 20 menit. Tidak diketahui dari daerah mana di otak mimpi berasal, bila ada satu asal usul mimpi atau apakah banyak bagian otak terlibat, atau apa tujuan mimpi bagi tubuh dan pikiran.Pada saat tidur REM, pelepasan neurotransmitter tertentu sepenuhnya ditekan. Sebagai hasilnya, neuron motorik tidak terangsang, sebuah kondisi yang disebut atonia REM. Ini mencegah mimpi menghasilkan gerakan tubuh berbahaya.

Menurutu Freud mimpi ada tiga kategori, pertama mimpi karena sesuatu yang terjadi selama tidak tidur, dari sejak kecil sampai dewasa. Hala tersebut akan selalu menghiasi mimpi2 seseorang. Misal di sekolah saat masih SD, di kampung saat bermain, di desa dimana kakek dan neneknya berada. Hal-hal tersebut bisa menjadi hiasan mimpi seseorang. Kesemuanya itu dikompilasi, artinya, tidak satu lokasi satu mimpi, satu kejadian terjadi dalam satu mimpi. Tapi semua yang terjadi saat lalu akan berbaur jadi satu dalam satu kejadian yang namanya mimpi. Jenis kategori mimpi kedua adalah karena sakit. Seseorang akan bermimpi (yang sering adalah mimpi buruk) yaitu karena dia merasakan sakit yang kuat atau sakit keras. Misal demam. Sakit demam bisa mengakibatkan seseorang bermimpi buruk. Hal ini terjadi karena sakit itu menekan fisik dan syaraf seseorang yang menyebabkan tubuh merefleksi dan mengarah pada berpikir buruk. Mimpi yang terakhir adalah mimpi ilham. Tidak semua orang bisa memiliki mimpi ini. Hanya orang2 tertentu atau khusus yang bisa memiliki mimpi2 seperti ini. Misal mimpi Rasulullah.

Air sisa rebusan mie instan seperti misalnya indomie, supermie dan lain2 ternyata memang berbahaya untuk kesehatan, baik anak2 maupun orang dewasa. Mie instan dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan. Di dalam airbekas rebusan mi instan ternyata diketemukan tingginya kadar MSG dan kadar natrium tripolifosfat sebagai bahan pengembang mie instan. Itulah mengapa mis instan apabila direbus maka akan sedikit mengembang dan bening.

Artikel ini adalah menjelaskan mengenai kandungan zat-zat kimia dalam mi instan dan penyajian mi yang lebih sehat guna mengurangi asupan zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh yang akan merugikan bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tingginya kadar MSG juga mengarah kepada sakit2 generasi ketiga termasuk diabetes mellitus. Sedangkan ditemukannya kadar natrium tripolifosfat awalnya akan memberikan efek kenyang sesaat yang dilanjutkan dengan lapar kembali. Sehingga mie instan ini memang tidak sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu kandungan natrium tripolifosfat memberikan pengaruh tidak baik pada lambung akan adanya pengurangan zat asam lambung yang mengakibatkan nyeri, mengeluarkan angin dari lambung, nafas tak sedap dan lain.

Trik merebus mie instan adalah, rebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan mie instan. Setelah mie matang, saring mie dan buang air sisa rebusan. Siapkan mangkok yang telah diberi bumbu mie instan, beri air panas secukupnya. Terakhir masukkan mie yang sudah direbus ke dalam piring saji.

Mohon dicoba..

Kunyit berfungsi cukup banyak. Rebus air parutan kunyit dan simpan untuk diminum di lain waktu. Kunyit berfungsi mendinginkan perut. Dalam hal ini istilah perut diarahkan ke lambung. Bila anda memiliki masalah lambung, sebenarnya asam di dalamnya yang bermasalah. Lambung banyak mengeluarkan asam tanpa terkontrol. Maka kunyit dalam hal ini dipadukan dengan madu bisa mengontrol asam lambung dalam perut. Kunyit pula bisa membersihkan rahim setelah melahirkan dan menstruasi, padukan dengan daun asam atau asam jawa.

Kadang kita tidak sadar apa yang ada di sekitar kita itu berguna dan bermanfaat. Kunyit mudah ditanam, mudah pula dipanen. Selalu sediakan kunyit di dapur atau kebun. Apabila tidak memungkinkan, letakkan kunyit di pot berisi tanah yang lain waktu nanti bisa anda pergunakan. Tanaman kunyit inipun lebih mudah tumbuh dibandingkan dengan kencur.

Patut dicoba.

Sirih Air adalah tanaman perdu yang jarang kita perhatikan. Kadang sirih air bahkan dengan mudah kita temukan di selokan sawah, di kebun2 rumah atau di jalan2 bersemen dekat perkampungan. Banyak yang tidak mengira bahwa tanaman ini berkhasiat karena tumbuhnya di sembarang tempat. Sirih air ternyata sangat bermanfaat.  Coba simak khasiat sirih air berikut ini.

Rebus dulu segenggam sirih air dengan 2 gelas air sampai mendidih sekali. Atau siram daun sirih air dengan air mendidih dan diamkan hingga dingin. Baru kemudian diminum setelah didiamkan sekitar 2-3 jam. Hal ini dikarenakan aspek kesegaran saja yang sebenarnya air rebusan sirih air ini sama sekali tidak berasa jamu. Rasanya benar2 hambar. Maka anda bisa mengkonsumsi air sirih air ini setiap hari sekali dan menyimpannya kembali ke dalam kulkas.

Khasiat dan manfaat sirih air ini adalah bisa mengurangi kholesterol dan asam urat. Anda bisa meminumnya dalan jangka waktu 3 minggu atau maksimal 1 bulan dan akan melihat hasilnya.

Akhirnya kita tahu banyak tanaman2 herbal di sekeliling kita yang tidak kita sadari memberikan khasiat dan manfaat.

Insya Allah..